Selasa, 02 Maret 2010

Membuat dinding semudah membuat garis

Polysolid, entah mulai rilis berapa autocad memperkenalkan tool ini. Yang jelas autocad 2009 sudah menyertakan fasilitas tool ini.Tool ini sangat memudahkan bagi anda yang sering bekerja dengan 3D modeling. Sebagai contoh tool ini dapat membuat obyek dinding 3 dimensi semudah kita membuat garis hanya dengan mengisi beberapa parameter saja. Sayangnya obyek yang dibuat dengan Polysolid ini tidak bisa kita potong (trim) maupun extend seperti halnya garis yang kita buat dengan perintah line. Jadi obyek yang kita buat dengan Polysolid sama perlakuanya dengan obyek solid lainya.
Dibawah ini adalah dinding yang dibuat dengan perintah Polysolid.



Cara membuatnya adalah


  1. Ketik Polysolid di command line atau Home>polysolid di ribbon tabs.
  2. Ketik H (height) di comand line, ubah nilainya menjadi 300 untuk nilai ketinggian dinding 300cm, atau disesuaikan dengan units dan ukuran yang anda butuhkan.
  3. Ketik W (width) di command line, ubah nilainya 12 untuk tebal dinding 12 cm yang ingin anda buat atau sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  4. Setelah dua parameter diatas maka sudah siap untuk membuat dinding 3 dimensi hanya seperti membuat garis dengan perintah line.
  5. Smoga bermanfaat.

2 komentar:

teknik mesin mengatakan...

mau nanya pak, kalau dari autocad gimana sih caranya mentransfer ke mesin cnc????
terimakasih pak

Zero Seven mengatakan...

semoga tutorial CAD to CNC di bawah ini bisa membantu

http://zulfauzi.blogspot.com/2012/01/powermill-tutorial.html