Sabtu, 25 April 2009

Menentukan dimensi V-Belt


Dalam mengganti V-belt pada mesin yang sudah terpasang sering kali kita menjumpai V-belt yang sudah rusak parah sehingga name plate/dimensinya tidak bisa dibaca. Atau sudah tidak ada buku panduan spare parts untuk mesin tersebut dan masih banyak lagi masalah yang sering muncul. Untuk itu dibawah ini akan dibahas rumus untuk mencari ukuran V-belt.
























Namun sebelumnya kita harus memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Posisikan motor/pulley driver pada tengah dudukan adjuster (Z-Z lihat gambar atas), ini dimaksudkan supaya nanti bisa dilakukan adjustment untuk mengencangkan ataupun mengendorkan saat V-belt akan dipasang.
  2. Cek ulang ketegak-lurusan pulley maupun kelurusan antara dua pulley (aligment), hal ini bisa dilakukan secara manual dengan bantuan benang atau penggaris maupun dengan lazer aligment.
Dibawah ini adalah tabel toleransi ketidaklurusan pulley (X-lihat gambar atas).

No Jarak Shaft – C Toleransi – X
1 300 mm 1.7 mm
2 500 mm 2.9 mm
3 100 mm 5.8 mm
4 1500 mm 8.7 mm
5 2000 mm 11.6 mm
6 2500 mm 14.5 mm
7 3000 mm 17.5 mm

24 komentar:

Aswin Wahyudi mengatakan...

GAN saya mau nanya nih, ditoko sparepart mesin kan byk variasi/macam type van belt. Ada A43, B62, C41, dsb
Apakah itu ada penjelasannya, maksud kode-kode itu apa ya gan?
Apakah yg angka itu maksudnya menunjukkan ukuran V-Beltnya begitukah?

terima kasih sebelumnya :)

Alis mengatakan...

Akan saya coba ilmu agan.Trimakasih

Unknown mengatakan...

1,8 dapat dari mana gan kok saya ga nemu ya hitungannya?

Heru Sulaeman mengatakan...

saya jg ga ketemu rumusnya...
1,8 dapat dari mana gan kok saya ga nemu ya hitungannya?

Shabiruke mengatakan...

1.8 didapat dari perhitungan rumus terakhir mas brai, (210-150)2 ^2 / (4x500) = 1.8

pakai kalkulator scientix

((210-150)^2/(4x500) = 1.8

andris mengatakan...

Matursuwun infonya,sangat membantu sekali di pekerjaan saya

Unknown mengatakan...

Maaf mas saya mau bertanya 1,57 itu dapetnya dari mana ya ? Apakah 1,57 itu udah ketentuan dari rumusnya? .trimakasih sebelumnya

bonex73 mengatakan...

(210-150)×(210-150)= 3600 ÷(4×500)= 1,8

ono mengatakan...

Menjawab pertanyaan mas Wendi ardita : karena belum ada jawabnya saya coba bantu kajiannya asal 1.57 dari 3.14:2 untuk mencari panjang setengah lingkaran dari D dan d , (pi=3.14 atau 22/7) merupakan satuan ketetapan pembanding pada lingkaran yang berdiameter 7 maka memiliki keliling lingkaran 22 atau dengan kalimat sebaliknya lingkaran yang mempunyai panjang kelilingnya 22 dipastikan diameternya terukur 7, dirumuskan menjadi satuan 3.14 disebut dengan PI. (maaf gak biso nulis lambangnya). Salam.

Unknown mengatakan...

Angka 25.4 itu dapet dr mana ya mas kok saya kurang paham

Unknown mengatakan...

Table conversi satuan mm ke inchi.
1"=25.4mm

Unknown mengatakan...

Terima kasih informasinya sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Terima kasih informasinya sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

terimakasih. respon saudara sangat bermanfaat

Nursulistyo mengatakan...

Ma'af mas, itu 4500 dapat dari mana, 4c kan harusnya 2000

Unknown mengatakan...

Sangat membantu,terimakasih gan..

a mengatakan...

Perlu diperhatikan, kalau kedua pulleynya berbeda ukuran, setengah lingkarannya gak persis setengah lho. Puley yg besar setengah lebih, puley yg kecil setengah kurang.???

Teknik Elektro mengatakan...

Itu 4.500 yg berarti 4x500 hasilnya 2000 gan.

Unknown mengatakan...

Daya 25 kw.
Rpm 1500.
Berapa jumlah v-belt yang dibutuhkan? Mohon dijawab gan. Lengkap dgn rumus perhitungannya

jvslyn mengatakan...

Lha itu ( 210-150)² : 3600
4 x 500 : 2000

3600 / 2000 : 1,8 kan .

bambang ds mengatakan...

Saya punya pulley yg besar 12" yang kecil 10". Saya pakai van belt ukiran c121. Saya mau ganti pulley yg 12" diganti pakai 14". Pertanyaan nya "saya harus ganti v belt yg ukuran berapa, supaya tidak merubah posisi penggerak dan yg digerak kan.

Unknown mengatakan...

A = vbelt kecil
43 = panjang dlm inch

Ahmid mengatakan...

Gan vbelt ukuran 20 inch lebar 17.50mm tebal 3mm jd sya harus pake vbelt yg apa gan mohon sarannya gan

Anonim mengatakan...

Type A untuk grove kecil
B grove sedang
C grove besar